iklan banner

Minggu, 04 Juli 2021

[Latihan Soal] Persamaan dan Perbedaan isi Dua Teks

| Minggu, 04 Juli 2021


Latihan Soal Menentukan Persamaan dan Perbedaan Penyajian Informasi Isi Dua Teks beserta Jawaban dan Penjelasan Pembahasannya.  Kegiatan menentukan persamaan dan perbedaan dapat kita sebut juga sebagai membandingkan. Membandingkan informasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia biasanya dikaitkan dengan teks berita. Kita dapat mengetahuinya dengan berdasarkan rumus 5W+1H. Dari kedua teks berita tersebut kita cermati unsurnya berupa What (apa), Who (siapa), When (kapan), Why (mengapa), Where (di mana), dan How (bagaimana). Dengan mencermati unsur-unsur tersebut maka kita bisa dengan tepat menemukan informasi yang sama ataupun beda dalam dua teks berita. Adapun untuk teks yang bukan berita, kita dapat membandingkannya dengan mengamati penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teksnya. Untuk memahami lebih dalam lagi, silahkan mengerjakan soal latihan berikut ^.^ 👳


Latihan Soal Menentukan Persamaan dan Perbedaan Penyajian Informasi Dua Teks 

1. Cermatilah kedua kutipan teks berikut.

Kutipan Teks I

   Dalam pesta rakyat yang digelar di Monas kala itu hadir Gubernus DKI Jakarta. Tidak hanya itu, pejabat di lingkungan Pemprof DKI pun ada. Tidak ketinggalan sebagian masyarakat Jakarta turut meramaikan pesta tahunan tersebut.

Kutipan Teks II

   Pengunjung acara pesta rakyat dengan kendaraan roda empat diberi kesempatan memarkir kendaraannya di sebelah selatan Monas melalui pintu selatan. Begitu pun kendaraan roda dua ditempatkan bersebelahan dengan kendaraan roda empat. Taksi dan kendaraan angkutan umum lainnya diizinkan parker di sekitar Stasiun Gambir.

Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah ....

 

Kutipan Teks I

Kutipan Teks II

A.

Urutan peristiwa

Urutan waktu

B.

Urutan waktu

Urutan topic

C.

Urutan tempat

Urutan peristiwa

D.

Urutan topic antiklimaks

Urutan tempat

Jawaban: D


2. Cermatilah kedua kutipan teks berikut.

Kutipan Teks I

   Ular adalah salah satu hewan yang ditakuti di muka bumi. Salah satu jenis ular yang mematikan adalah ular derik. Ular derik masih bias menggigit bahkan setelah mereka mati.

Kutipan Teks II

   Sebelum pukul 06.00, kami berkumpul di lapangan sekolah. Tepat pukul 07.00 penitia memberikan pengarahan. Setengah jam kemudian, kami menuju bus masing-masing.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....

 

Kutipan Teks I

Kutipan Teks II

A.

Menggunakan konjungsi penanda waktu

Menggunakan konjungsi pertentangan

B.

Menggunakan kata adalah

Menggunakan konjungsi penanda waktu

C.

Menggunakan kata adalah

Menggunakan konjungsi pertentangan

D.

Menggunakan konjungsi pertentangan

Menggunakan kata adalah

Jawaban: B


3. Cermatilah kedua kutipan teks berikut.

Kutipan Teks I

   Tanggal 22 Agustus 2014, Pak Sugeng Hariyanto mem-posting semacam survey kecil menarik di grup Himpunan Penerjemah Indonesia di Facebook. Survey dibuat dalam rangka pembuatan makalah sebagai keynote speaker dalam The 4th Atma Jawa Intenational Conference in Translation & Interpretation Studies pada 13 September 2014. Acara berlangsung dari pukul 08.00 sampai 16.00. Acara dilanjutkan dengan sesi sesi konferensi berupa mendengarkan paparan para narasumber.

Kutipan Teks II

   Lomba memulung sampah dilaksanakan di Kota Bogor dalam rangka Hari Jadi Kota Bogor (HJB). Tempat kegiatan di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung. Peserta lomba memungut sampah yang ada di sepanjang DAS Ciliwung. Pada kegiatan tersebut, terdapat 45 titik atau lokasi lomba mulung sampah di sepanjang 25 kilometer Sungai CIliwung, serta terdapat25 titik kumpul sampah yang nantinya akan diangkut oleh truk milik DInas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA).

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....

 

Kutipan Teks I

Kutipan Teks II

A.

Urutan peristiwa

Urutan sebab akibat

B.

Urutan kejadian

Urutan waktu

C.

Urutan waktu

Urutan tempat

D.

Hubungan umum khusus

Hubungan sebab akibat

Jawaban: C


Bacalah kedua kutipan teks berita berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5

Teks Berita 1


Ajang kompetisi sains dan matematika bagi siswa tingkat SD tingkat Asia untuk ketiga kalinya diselenggarakan di Indonesia. Kompetisi bertajuk “Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary Schools (ASMOPS)” ini digelar Surya Institute di Bandung. Peristiwa bersejarah bangsa ini dibuka Minggu (10/11)


Teks Berita 2


Peserta “Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary Schools”(ASMOPS) tahun ini mencapai 87 siswa atau dua kali lipat peserta tahun 2012. Peserta mewakili Filipina, Malaysia, Taiwan, dan Indonesia. Mereka bersemangat untuk berkompetisi di bidang sains dan matematika.

4. Persamaan isi kedua kutipan tersebut adalah ....
A. tempat kegiatan
B. waktu kejadian
C. jumlah peserta
D. nama kegiatan

Jawaban: D

5. Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

 

Teks Berita 1

Teks Berita 2

A.

Diawali unsur berita kapan

Diawali unsur berita apa

B.

Diawali unsur berita apa

Diawali unsur berita siapa

C.

Diakhiri unsur berita bagaimana

Diakhiri unsur berita di mana

D.

Diakhiri unsur berita apa

Diakhiri unsur berita kapan

Jawaban: B


Bacalah bacaan berikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 6 dan 7.

Teks I


Pelajar Indonesia kembali menorehkan prestasi di kompetisi internasional. Prestasi ini diukir oleh para pelajar Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), pada ajang
World Skill Competition (WSC) , di Leipzig, Jerman. Kompetisi itu berlangsung 3-6 Juli 2013. Itu prestasi membanggakan untuk siswa SMK Indonesia karena untuk pertama kalinya memperoleh medali emas di ajang WSC.

 

Teks II


Medali emas dari ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014 baru-baru ini, direbut oleh Luthfia Adila (17) dan Dayu Laras Wening (17), siswi kelas XII SMAN 3 Semarang. Mereka menang karena menemukan alat pendeteksi boraks berbentuk tusuk gigi. Dua siswi yang rajin membaca itu tidak menyangkan hasil karyanya bias mengalahkan pesaing-pesaing dari luar negeri.

6. Persamaan isi kedua kutipan tersebut adalah ....
A. Perolehan prestasi pada kompetisi internasional
B. Waktu pertandingan tingkat internasional
C. Jumlah peserta pada ajang olahraga dunia
D. Nama kegiatan tingkat dunia bagi pelajar

Jawaban: A

7. Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

 

Teks Berita 1

Teks Berita 2

A.

Diawali unsur berita apa

Diawali unsur berita kapan

B.

Diawali unsur berita siapa

Diawali unsur berita apa

C.

Diakhiri unsur berita kapan

Diakhiri unsur berita di mana

D.

Diakhiri unsur berita siapa

Diakhiri unsur berita bagaimana

Jawaban: B


8. Bacalah teks berita berikut dengan cermat.

@Teks Berita 1
Kenal dengan Sharapova? Wajah cantik dan tubuh ideal. Dua kelebihan itu bisa menjadi senjata bagi petenis Rusia, Maria Sharapova, untuk berkarier di dunia fashion . Namun, tampaknya Sharapova belum seratus persen tertarik ke dunia fashion untuk saat ini. Padahal, dari dunia glamor itu, dia akan mendapatkan pemasukkan yang luar biasa. Namun, ia tetap bersikukuh menggeluti dunia tenis. 

@Teks Berita 2
Selalu energik dan bersemangat. Itulah yang tampak dari Ivana Lie. Hal itu juga masih terlihat saat dia menggantung raket dan beralih menjadi pelatih bulu tangkis profesional. Dia tidak pesimistis. Padahal, prestasi olahraga Indonesia, termasuk bulu tangkis, tahun ini terpuruk.

Persamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks berita tersebut adalah ....
A. hobi dan dunia mode
B. wanita dan olahraga
C. kecantikan wanita dan hobi
D. dunia mode dan wanita

Jawaban: B


9. Perbedaan informasi pokok dalam kedua teks berita tersebut adalah tentang ....

A. wanita berkarier di bidang fashion dan tentang wanita petenis
B. dunia fashion yang glamor dan tentang basket yang terpuruk
C. seseorang petenis dan pelatih bulu tangkis profesional Indonesia
D. wanita cantik bertubuh ideal dan tentang wanita energik sekaligus optimis

Jawaban: C


10. Bacalah teks berita berikut ini dengan cermat.

@Teks Berita 1
Sekitar 43 juta anak Indonesia saat ini menjadi korban prokok aktif dan anak-anak itu pun menjadi perokok pasif sehingga berdampak buruk rokok semakin mengkhawatirkan masa depan anak-anak di tanah air. "Mereka mengalami dampak negatif atas kedekatannya dengan pecandu rokok, yang bisa jadi adalah orang tua sendiri atau tetangga dan lingkungan sekitarnya," kata Agung Laksono, saat membuka pameran foto bertema antirokok dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Se-Dunia di Gedung DPR/MPR Jakarta,, Rabu (25/6).

@Teks Berita 2
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memulai sertifikasi kesehatan unggas secara bersamaan di berbagai lokasi. Dana sebesar Rp 3 miliar dianggarkan untuk sertifikasi itu. Proses sertifikasi unggas hias ditandai dengan pemeriksaan 11 unggas milik Gubernus DKI di rumah dinasnya. Setelah burung dan unggas milik Gubernus, hari ini giliran burung dan unggas para menteri di kompleks Widya Chandra akan dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendapat sertifikat sehat. Petugas akan mendatangani kediaman salah satu menteri. Burung yang akan diperiksa adalah burung nuri kepala hitam.

Perbedaan unsur penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

 

Teks Berita 1

Teks Berita 2

A.

siapa - berapa - bagaimana

kapan – bagaimana – apa

B.

siapa - di mana - berapa

kapan – di mana – siapa

C.

berapa - mengapa - siapa

siapa – berapa – bagaimana

D.

apa - kapan - berapa

mengapa – apa – siapa

Jawaban: C

 


Tags: 

Contoh soal persamaan dan perbedaan informasi dalam teks berita. Latihan soal menemukan persamaan dan perbedaan informasi dalam teks berita beserta jawabannya. Latihan soal menentukan persamaan dan perbedaan isi informasi dalam teks berita. Latihan soal menentukan persamaan isi informasi dalam dua teks berita. Latihan soal menentukan perbedaan isi informasi dalam dua teks berita. Contoh contoh soal menentukan informasi dalam teks berita. Kumpulan soal dan jawaban menentukan persamaan atau perbedaan informasi dalam teks berita. Latihan soal teks berita dan jawabannya. Bank soal teks berita dan jawabannya. Soal UN teks berita beserta jawabannya. Soal UN teks berita beserta pembahasannya. Soal UN bahasa Indonesia persamaan dan perbedaan pada teks berita. Soal HOTS teks berita beserta jawaban dan pembahasannya lengkap.


Thanks for these books ya

[Click Here] ðŸ‘€ðŸ‘€ðŸ‘€ references

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar