iklan banner

Minggu, 04 Juli 2021

Cara menentukan 'SAMA' dan 'BEDA' Penyajian Dua Teks

| Minggu, 04 Juli 2021

Cara menentukan 'SAMA' dan 'BEDA' Penyajian Dua Teks

    Cara menentukan Persamaan dan Perbedaan Penyajian Dua Teks Berbeda.  Kegiatan membandingkan memiliki makna yaitu menentukan persamaan atau perbedaan dalam suatu hal. Membandingkan teks dimasudkan untuk menentukan persamaan atau perbedaan yang ada pada teks tersebut. 

    Lingkup materi yang dibandingkan bisa sesama jenis teks atau antarteks, tetapi minimal ada dua teks yang menjadi medianya. Begitu pun persamaan atau perbedaan pola penyajian teks dimasudkan untuk persamaan atau perbedaan pola penyajian pada satu jenis teks atau antarjenis teks. 

Nah biasanya kegiatan membandingkan teks ini dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, sering dikaitkan dengan teks berita. Maka kali ini, Muheren.com akan membahas bagaimana menentukan persamaan dan perbedaan penyajian isi informasi dua teks berita yang berbeda. 

Pertama-tama, mari kita cermati isi berita-berita di media massa. Persamaan berita-berita yang dimuat media cetak adalah sering menyuguhkan topik yang sama. Jika menyangkut peristiwa yang sangat penting, persamaan isi itu dapat dipahami. Misalnya, peristiwa tsunami yang melanda Aceh diliput dan dimuat oleh beberapa media cetak. Perbedaannya hanya terletak pada gaya pemberitahuannya sedangkan isinya hampir sama. 

Persamaan informasi  dalam teks berita dapat dilihat berdasarkan rumus 5W+1H, diambil dari kata What, Who, When, Why, Where, dan How. Informasi yang sama dalam dua teks berita dapat dicermati apakah pada unsur What (apa), Who (siapa), When (kapan), Why (mengapa), Where (di mana), dan How (bagaimana). Dengan mencermati unsur-unsur tersebut maka kita bisa dengan tepat menemukan informasi yang sama dalam dua teks berita. 

Demikian pula untuk menentukan perbedaan yang terdapat dalam dua buah teks berita di media massa. Perbedaan tersebut dapat kita cermati berdasarkan unsur-unsur rumus 5W+1H.


Baik, untuk memahami lebih dalam lagi, mari kita berlatih soal tipe HOTS berikut ini ^.^ 

Latihan Soal Menentukan Persamaan dan Perbedaan Penyajian Dua Teks Berita beserta Jawabannya

1. Bacalah teks berita berikut dengan cermat.

@Teks Berita 1
Kenal dengan Sharapova? Wajah cantik dan tubuh ideal. Dua kelebihan itu bisa menjadi senjata bagi petenis Rusia, Maria Sharapova, untuk berkarier di dunia fashion . Namun, tampaknya Sharapova belum seratus persen tertarik ke dunia fashion untuk saat ini. Padahal, dari dunia glamor itu, dia akan mendapatkan pemasukkan yang luar biasa. Namun, ia tetap bersikukuh menggeluti dunia tenis. 

@Teks Berita 2
Selalu energik dan bersemangat. Itulah yang tampak dari Ivana Lie. Hal itu juga masih terlihat saat dia menggantung raket dan beralih menjadi pelatih bulu tangkis profesional. Dia tidak pesimistis. Padahal, prestasi olahraga Indonesia, termasuk bulu tangkis, tahun ini terpuruk.

Persamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks berita tersebut adalah ....
A. hobi dan dunia mode
B. wanita dan olahraga
C. kecantikan wanita dan hobi
D. dunia mode dan wanita

Jawaban: B

Pembahasan:
Kedua teks di atas sama-sama bercerita tentang wanita (unsur who-siapa) yang bergelut di bidang olahraga (unsur what-apa), yaitu Sharapova (unsur who-siapa), wanita petenis Rusia, dan Ivana Lie (unsur who-siapa), wanita yang menjadi pelatih bulu tangkis profesional Indonesia (unsur what-apa).


2. Perbedaan informasi pokok dalam kedua teks berita tersebut adalah tentang ....
A. wanita berkarier di bidang fashion dan tentang wanita petenis
B. dunia fashion yang glamor dan tentang basket yang terpuruk
C. seseorang petenis dan pelatih bulu tangkis profesional Indonesia
D. wanita cantik bertubuh ideal dan tentang wanita energik sekaligus optimis

Jawaban: C

Pembahasan:
Informasi pokok merupakan informasi yang menjadi topik atau pokok masalah. Topik kedua teks di atas berbeda, yaitu teks 1 tentang seorang petenis dan teks 2 tetang pelatih bulu tangkis profesional Indonesia. Jadi, jawaban yang benar adalah C.


3. Bacalah teks berita berikut ini dengan cermat.

@Teks Berita 1
Sekitar 43 juta anak Indonesia saat ini menjadi korban prokok aktif dan anak-anak itu pun menjadi perokok pasif sehingga berdampak buruk rokok semakin mengkhawatirkan masa depan anak-anak di tanah air. "Mereka mengalami dampak negatif atas kedekatannya dengan pecandu rokok, yang bisa jadi adalah orang tua sendiri atau tetangga dan lingkungan sekitarnya," kata Agung Laksono, saat membuka pameran foto bertema antirokok dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Se-Dunia di Gedung DPR/MPR Jakarta,, Rabu (25/6).

@Teks Berita 2
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memulai sertifikasi kesehatan unggas secara bersamaan di berbagai lokasi. Dana sebesar Rp 3 miliar dianggarkan untuk sertifikasi itu. Proses sertifikasi unggas hias ditandai dengan pemeriksaan 11 unggas milik Gubernus DKI di rumah dinasnya. Setelah burung dan unggas milik Gubernus, hari ini giliran burung dan unggas para menteri di kompleks Widya Chandra akan dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendapat sertifikat sehat. Petugas akan mendatangani kediaman salah satu menteri. Burung yang akan diperiksa adalah burung nuri kepala hitam.

Perbedaan unsur penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

 

Teks Berita 1

Teks Berita 2

A.

siapa - berapa - bagaimana

kapan – bagaimana – apa

B.

siapa - di mana - berapa

kapan – di mana – siapa

C.

berapa - mengapa - siapa

siapa – berapa – bagaimana

D.

apa - kapan - berapa

mengapa – apa – siapa

Jawaban: C

Pembahasan: 
Teks berita 1 secara urut menginformasikan 43 juta anak indonesia (berapa), menjadi perokok pasif karena kedekatan mereka dengan pecandu rokok (mengapa), dan hal itu dikatakan oleh Agung Laksono (siapa). 
Teks berita 2 menginformasikan Pemerintahan DKI memulai .... (siapa), dana 3 miliar telah dianggarkan (berapa), dan sertifikat kesehatan unggas hias ditandai dengan .... (bagaimana). Jadi jawaban yang sesuai adalah opsi C.



Tags: 

Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks. Bagaimana cara menentukan persamaan informasi dan perbedaan penyajian dalam teks berita. Bagaimana cara menentukan persamaan dan perbedaan penyajian isi kedua teks. Bagaimana cara menentukan persamaan dan perbedaan dari dua teks berita. Persamaan penyajian kedua teks tersebut. Perbedaan penyajian kedua teks tersebut. Soal Latihan Menentukan Persamaan dan Perbedaan Penyajian Dua Teks Berita. Soal dan Jawaban tentang perbedaan dan persamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks. Apa itu 5W 1H ? Apa yang dimaksud 5W+1H ? Apa saja itu 5W dan 1H ? Apa saja itu 5W+1H ?


Thanks for these books ya

[Click Here] ðŸ‘€ðŸ‘€ðŸ‘€ references

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

//kliklove