iklan banner

Sabtu, 03 Juli 2021

[Latihan Soal] Gagasan utama dan Kalimat utama

| Sabtu, 03 Juli 2021
[Latihan Soal] Gagasan utama dan Kalimat utama

Latihan Soal Gagasan utama dan Kalimat utama beserta Jawaban dan Penjelasan Pembahasannya. Gagasan utama atau ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti dari suatu topik pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf. Ada juga gagasan utama yang terletak di tengah paragraf, yang mana disebut paragraf deskripsi. Apabila kalian menemukan gagasan utama yang terletak di awal dan akhir paragraf, maka paragraf tersebut disebut paragraf campuran. Oh iya, selain gagasan utama ada kalimat utama, adalah kalimat yang memiliki makna paling umum di antara kalimat-kalimat lain yang terdapat paragraf yang sama. Disini masud "paling umum" berarti dapat mewakili kalimat lain yang mengikuti.


Berikut adalah Contoh Latihan Soal tentang Gagasan Utama dan Kalimat Utama beserta Jawabannya

1. Bacalah paragraf berikut dengan saksama.

Ada tiga fakta unik tentang kalajengking. Pertama, kalajengking tidak akan mati walau tidak makan selama satu tahun penuh. Kedua, kalajengking dapat bertahan hidup walau dimasukkan ke lemari pembeku selama tiga seminggu. Ketiga, kulit kalajengking akan berkilau jika terkena sinar matahari.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. kalajengking tahan lapar
B. kulit kalajengking berkilau
C. fakta unik kalajengking
D. kalajengking tahan beku

Jawaban: C

2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama.

(1) Etos kerja dan sikap disiplin masyarakat Jepang sangat tinggi. (2) Mereka disiplin dalam segala hal. (3) Kedisiplinan ini sudah mendarah daging pada diri mereka. (4) Baik di rumah, di jalan, di tempat umum, maupun di kantor, semuanya sangat disiplin.

Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Jawaban: A

3. Bacalah paragraf berikut dengan saksama.

Sebuah lembaga swadaya masyarakat menggelar kegiatan gerakan kebajikan di Taman Menteng, Bintaro, Tangerang. Kegiatan tersebut berupa pemulihan ruang publik yang melibatkan banyak kalangan. Mereka secara bersama-sama mengecat bangku taman dan sarana bermain anak. Selain itu mereka juga memperbanyak tong sampah.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. diperbanyak tong sampah
B. digelarnya kegiatan gerakan kebajikan 
C. pemulihan ruang publik oleh masyarakat
D. pengecatan bangku dan sarana bermain

Jawaban: B

4. Bacalah paragraf berikut dengan saksama.

(1) Peminat kuliner yang menginginkan terampil memasak dan meracik bahan makanan menjadi hidangan yang lezat dapat menempuh bermacam cara. (2) Pertama, peminat kuliner dapat menempuh cara sederhana yaitu membaca buku tentang cara memasak. (3) Kedua, memanfaatkan teknologi informasi dengan menonton video sharing. (4) Ketiga, mengikuti kursus atau bahkan kuliah di bidang kuliner bagi yang memiliki cukup waktu.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Jawaban: A

5. Bacalah paragraf berikut dengan saksama.

Sebanyak 30 orang setiap bulan mengikuti pelatihan safety riding yang digelar oleh Indonesia Ride Adventure. Mereka dilatih teknik menghentikan kendaraan dengan cara jitu melewati jalan tidak berstruktur rata, dan menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu mereka juga diajari teknik pertolongan pertama pada korban kecelakaan, mulai dari mengatasi patah tulang, menghentikan pendarahan pada bagian tubuh yang luka, hingga pacu jantung.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. teknik menolong korban kecelakaan
B. cara menghentikan pendarahan
C. teknik menhentikan kendaraan
D. peserta pelatihan safety riding

Jawaban: D

6. Bacalah paragraf dengan saksama 

(1) Api merupakan unsur tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. (2) Dari api kompor sampai api lilin ulang tahun, kita memerlukan sumber cahaya dan panas yang satu ini. (3) Eksperimen dengan api untuk anak-anak di Tempat Penitipan Anak di Munich, Jerman menunjukan bahwa anak-anak malah bisa sangat berhati-hati dan bertanggung jawab atas nyala api ini. (4) Api memang teman sejati manusia.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Jawaban: D

7. Bacalah paragraf berikut dengan saksama.

Fatamorgana adalah pembiasan cahaya melalui kepadatan yang berbeda sehingga bisa membuat sesuatu yang tidak ada menjadi seolah ada. Fatamorgana biasanya terjadi di tanah lapang yang luas seperti padang pasir atau padang es. Di gurun pasir, fatamorgana sering menyerupai danau atau air atau kota. Ini sebenarnya adalah pantulan langit dari udara panas. Udara panas ini berfungsi sebagai cermin.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. pengertian fatamorgana
B. tempat terjadinya fatamorgana
C. proses terjadinya gurun pasir
D. cermin pantul fatamorgana

Jawaban: A

8. Bacalah paragraf berikut dengan saksama.

Volume air pada tubuh manusia bervariasi. Rata-rata volume air pada tubuh manusia mencapai 65% dari total berat badannya. Variasi volume air bahkan terjadi bukan hanya pada tiap orang tetapi juga pada bagian-bagian tubuhnya. Beberapa bagian tubuh manusia yan mengandung banyak air, antara lain otak 74,5%, tulang 22%, ginjal 82,7%, otot 75,6%, dan darah 83%.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah pada kalimat ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

Jawaban: A

9. Cermatilah teks berikut.

Tengan memiliki banyak kemampuan dalam beragam kegiatan. Dengan dilengkapi otot dan saraf yang sangat banyak, tangan dapat memegang benda dengan erat atau longgar sesuai dengan keadaannya. Tangan manusia yang terkepal dapat memukul dengan pukulan seberat 45 kg. Sebaliknya, melalui ibu jari dan jari telunjuk, tangan juga dapat merasakan sehelai kertas berketebalan sepersepuluh milimeter.

Ide Pokok atau gagasan utama teks tersebut adalah ....
a. kemampuan yang dimiliki tangan
b. kemampuan memegang benda
c. kepalan tangan yang kuat
d. benda yang dirasakan tangan

Jawaban: A

10. Bacalah paragraf berikut ini.

Glukosamin merupakan senyawa penting yang membangun tulang rawan sendi dan mencegah keretakan saat bergerak. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menyintesis glukosamin akan berkurang. Hal ini membuat tulang rawan menjadi menipis, lambat laun dapat menyebabkan penyakit osteoaritis atau pengapuran. Untuk itu, asupan glukosamin amat diperlukan untuk mendapatkan kondisi sendi yang sehat.

Pikiran utama paragraf tersebut adalah ....
A. Glukosamin merupakan senyawa pembangun tulang dan sendi.
B. Pentingnya glukosamin bagi kesehatan sendi.
C. Usia bertambah, glukosamin semakin berkurang.
D. Glukosamin penyebab penyakit pengapuran.

Jawaban: A


Tags:

Contoh gagasan utama dan kalimat utama pada paragraf. Contoh gagasan utama pada paragraf. Contoh kalimat utama pada paragraf. Bagaimana menentukan gagasan utama dan kalimat utama suatu paragraf. Bagaimana menentukan ide pokok suatu paragraf. Bagaimana menentukan pikiran utama suatu paragraf. Bagaimana menemukan gagasan utama dan kalimat utama suatu paragraf. Kumpulan soal menentukan gagasan utama dan kalimat utama. Soal latihan menemukan gagasan utama dan kalimat utama. Soal dan Jawaban menentukan ide pokok suatu paragraf. Buatlah contoh paragraf beserta gagasan utama dan kalimat utamanya. Soal UN bahasa indonesia materi gagasan utama. Soal UN bahasa Indonesia tentang kalimat utama. Soal UN gagasan utama dan kalimat utama beserta jawaban dan pembahasannya lengkap. Soal HOTS gagasan utama dan kalimat utama bahasa indonesia beserta jawaban dan pembahasannya.


Thanks for these books ya

[Click Here] ðŸ‘€ðŸ‘€ðŸ‘€ references

Related Posts

2 komentar:

  1. terimakasih, saya jadi mwngerti apa itu gagasan pokok dan kalimat utama

    BalasHapus

//kliklove