iklan banner

Sabtu, 03 Juli 2021

Gagasan Utama dan Kalimat Utama (Bahasa Indonesia)

| Sabtu, 03 Juli 2021
Gagasan Utama dan Kalimat Utama (Bahasa Indonesia)

Materi Gagasan Utama dan Kalimat Utama 

    Bagaimana paragraf yang baik itu ? Paragraf yang baik memiliki beberapa syarat. Syarat tersebut adalah berisi hanya satu pikiran utama atau gagasan utama atau ide pokok.😉 Gagasan utama (ide pokok) merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama setiap paragraf. Letaknya biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf. Ada juga gagasan utama yang terletak di tengah paragraf, yang mana termasuk dalam paragraf deskriptif. Bila paragrafnya berupa paragraf campuran, gagasan utamanya ada di awal dan akhir paragraf. 👳

    Lalu apa itu kalimat utama ? Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama yaitu gagasan yang mengandung inti dan digunakan untuk membangun seluruh isi sebuah paragraf. Dari kalimat utama itulah, kita bisa mengembangkan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama itu sendiri. Kalimat penjelas ini dapat berupa contoh, ilustrasi, keterangan, bukti, alasan dan sebagainya. Agar lebih paham simak contoh paragraf di bawah ini ^.^😊😊😏 

Berikut adalah Contoh Paragraf beserta Kalimat Utama dan Gagasan Utamanya

Contoh Kasus 1:☺

Rumah tempat tinggalku sangat menyenangkan. Aku beserta kakak dan orang tuaku merasa tenteram bila berada di rumah. Kami bisa berdiskusi, bercengkraman, dan kadang bersenda gurau tentang berbagai hal. Teman-temanku juga merasa betah bila belajar di rumahku. Tempatnya memang nyaman, jauh dari kebisingan suara mobil dan tetangganya ramah.

#Kalimat Utama: Rumah tempat tinggalku sangat menyenangkan (kalimat pertama)

#Gagasan Utama: Faktor-faktor yang menyebabkan rumahku menyenangkan

Contoh Kasus 2:☺

Dalam kehidupannya, lebah mempunyai sistem pembagian kerja yang baik. Ratu lebah menghasilkan telur 2000 sampai 3000 butir setiap hari. Seekor ratu lebah juga bertugas melahirkan calon ratu baru. Bagi lebah pekerja, lebah calon ratu ini dibawa ke dalam suatu ruangan. Lalu, ruangan ini dimasukkan cairan kuning (royal jelly). Lebah pekerja juga bertugas mengangkut air dan serbuk sari bunga, mengangkut sari madu, serta mengumpulkan zat perekat yang biasanya didapat dari pucuk pohon. Lebah pekerja dibantu lebah jantan dalam menyelesaikan tugasnya. Secara khusus, lebah jantan bertugas mencari tempat-tempat yang banyak mengandung sari madu. Dengan tarian lebah, lebah jantan memberi tanda kepada lebah lain ketika menemukan suatu tempat yang mengandung banyak sari madu.

#Kalimat Utama: Dalam kehidupannya, lebah mempunyai sistem pembagian kerja yang baik (kalimat pertama) 

#Gagasan Utama: Sistem pembagian kerja lebah

Contoh Kasus 3:☺

Pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatann mutu dan relevansi, serta efisiensi manajemen pendidikan. Pemerataan kesempatan pendidikan diwujudkan dalam program wajib belajar 12 tahun. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas maupun Indonesia seutuhnya melalui olahhati, olahpikir, olahrasa, dan olahraga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimasudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia.

#Kalimat Utama: Pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatann mutu dan relevansi, serta efisiensi manajemen pendidikan.(kalimat pertama)

#Gagasan Utama: Penjaminan pendidikan nasional


Berlatih Soal

1. Bacalah paragraf berikut ini.

Salah satu masalah pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan. Dibandingkan dengan negara-negara lain, Indonesia termasuk negara yang tertinggal pendidikannya. Hal ini terlihat dari mutu SDM yang masih tertinggal dari negara-negara lain. Menurut catatan Human Development Report tahun 2000 versi UNDP, peringkat HDI atau kualitas SDM Indonesia berada di urutan 105 dari 108 negara. Bahkan dengan negara tetangga dekat kita, seperti Filipina Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, kita masih tertinggal.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. masalah yang dihadapi bangsa Indonesia
B. rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia
C. mutu SDM Indonesia tertinggal dari negara-negara lain
D. Indonesia masih tertinggal dari negara-negara tetangga

#Jawaban: B

#Pembahasan: 
Gagasan utama selalu terletak di dalam kalimat utama. Dalam paragraf tersebut, kalimat utamanya terletak di awal kalimat kedua dan seterusnya merupakan bukti-bukti tertinggalnya kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan demian, gagasan utamanya adalah rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia.

2. Bacalah paragraf berikut ini.

Pada akhir bulan Juli, ekspor semangka tercatat sebesar 100 ton. Satu bulan kemudian terjadi kenaikan sebesar 25 ton. Namun, pada bulan September ekspor menurun menjadi 75 ton saja. Penurunan itu tidak berlangsung lama sebab mulai bulan Oktober sudah ada kenaikan sebesar 10 ton. Satu bulan kemudian ekspor melonjak menjadi 125 ton. Selama 5 bulan terakhir ekspor semangka dari Indonesia ke Singapura selalu mengalami pasang surut.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. ekspor semangka dari Indonesia mengalami pasang surut
B. ekspor semangka Indonesia melebihi angka 100 ton
C. ekspor semangka ke Singapura paling sedikit 75 ton
D. Indonesia tetap mengekspor semangka walaupun mengalami pasang surut

#Jawaban: A

#Pembahasan:
Kalimat akhir dalam paragraf tersebut menjadi kalimat utama karena kalimat-kalimat sebelumnya merupakan pemerincian dari inti kalimat terakhir. Dengan demikian, ide pokok paragraf tersebut adalah inti isi kalimat terakhir. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

3. Bacalah paragraf berikut ini.

Glukosamin merupakan senyawa penting yang membangun tulang rawan sendi dan mencegah keretakan saat bergerak. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menyintesis glukosamin akan berkurang. Hal ini membuat tulang rawan menjadi menipis, lambat laun dapat menyebabkan penyakit osteoaritis atau pengapuran. Untuk itu, asupan glukosamin amat diperlukan untuk mendapatkan kondisi sendi yang sehat.

Pikiran utama paragraf tersebut adalah ....
A. Glukosamin merupakan senyawa pembangun tulang dan sendi.
B. Pentingnya glukosamin bagi kesehatan sendi.
C. Usia bertambah, glukosamin semakin berkurang.
D. Glukosamin penyebab penyakit pengapuran.

#Jawaban: A

#Pembahasan:
Pikiran utama paragraf terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama berisi pernyataan umum yang menggambarkan keseluruhan paragraf. Dengan demikian, pikiran utama paragraf tersebut adalah inti isi kalimat pertama atau butir jawaban A.



Tags:

Gagasan utama merupakan. Pengertian gagasan utama adalah. Ide pokok merupakan. Pengertian ide pokok adalah. Kalimat utama merupakan. Pengertian kalimat utama adalah. Contoh gagasan utama adalah. Sebutkan contoh gagasan utama. Tulislah contoh gagasan utama beserta paragrafnya. Contoh ide pokok adalah.. Sebutkan contoh ide pokok. Tulislah contoh ide pokok beserta paragrafnya.  Contoh kalimat utama adalah. Sebutkan contoh kalimat utama. Tulislah contoh kalimat utama beserta paragrafnya. Membuat paragraf beserta gagasan utama, ide pokok, kalimat utama. Menentukan gagasan utama pada paragraf teks. Menentukan ide pokok pada paragraf teks. Menentukan kalimat utama pada paragraf teks. Menentukan kalimat penjelas pada paragraf teks.


Thanks for these books ya

[Click Here] 👀👀👀 references

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

//kliklove