iklan banner

Sabtu, 03 Juli 2021

[Latihan Soal] Makna Kata/Kalimat pada Teks

| Sabtu, 03 Juli 2021
[Latihan Soal] Makna Kata/Kalimat pada Teks

Latihan Soal Makna Kata / Kalimat pada Teks beserta Jawaban dan Penjelasan Pembahasannya. Makna adalah hubungan pertalian antara bentuk dan acuan. Bentuk disini kita kenal dengan sebutan lambang bunyi. Semua kata yang ada dapat disebut lambang bunyi, hanya saja tidak semua lambang bunyi memiliki makna. Lambang bunyi yang memiliki makna harus memiliki acuan. Contohnya ya gais, lambang bunyi "rumah" memiliki acuan yaitu benda, dimana dapat kita maknai sebagai tempat tinggal. Adapun contoh lambang bunyi yang tidak memiliki acuan seperti Sanadeko, Wanatabeka (karena ngawur nggak ada di kbbi). Paham ya teman-teman ? 😆😆


Berikut adalah kumpulan contoh soal makna kata/kalimat pada teks beserta jawaban dan pembahasannya ^.^

1. Baca teks berikut.

Roni sudah belajar karate selama sepuluh tahun. Dalam sepuluh tahun itu, Roni telah berkali-kali naik tingkat melalui proses ujian. Kali ini, ia akan mengikuti ujian untuk mendapatkan ban cokelat.

Makna kata ban pada teks tersebut adalah ....
a. benda bulat dari karet yang dipasang melingkar
b. lingkar tenunan benang lebar tanpa ujung
c. tingkat kemahiran
d. jalur kereta api

Jawaban: C

Pembahasan: Semua jawaban merupakan makna ban, tetapi dalam konteks olahraga karate ban bermakna tingkatan kemahiran. Ban cokelat: tingkat kemahiran kelima (putih, kuning, hijau, biru, cokelat, hitam).


2. Cermatilah teks berikut. 

Banyak orang menabung di bank tidak berpikir tentang bunga yang didapatnya. Di antara mereka, menabung atau menyimpan uangnya di bank demi keamanannya saja, setidaknya merasa aman. Orang tipe ini tidak terlalu memikirkan naik atau turunnya bunga bank.

Makna bunga pada teks tersebut adalah ....
a. imbalan jasa untuk penggunaan uang
b. bagian tumbuhan yang akan menjadi buah
c. jenis untuk berbagai bunga
d. sesuatu yang dianggap elok

Jawaban: A

Pembahasan: Ingat bunga disini merujuk pada konteks yang berkaitan tentang bank. Yang mana artiannya sesuai KBBI, bunga adalah imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok.


3. Cermatilah teks berikut.

Motivator wanita, Merry Riana, mengatakan bahwa kesuksesan seseorang bukan dinilai dari berapa banyak uangnya,, berapa mobilnya, ataupun rumahnya. Namun, dari berapa banyak dampak positif yang bisa dia berikan untuk orang-orang sekitarnya.

Makna kata motivator dalam teks tersebut adalah .... 
a. orang yang memberi pelatihan khusus dengan materi tertentu
b. kisah hidup yang bisa dijadikan contoh bagi orang lain
c. seseorang yang memiliki kemampuan memotivasi orang lain
d. kegiatan yang dilakukan untuk menambah motivasi

Jawaban: C

Pembahasan:
Menurut KBBI, motivasi adalah usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.
Adapun motivator adalah orang (perangsang) yang menyebabkan timbulnya motivasi pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivator adalah orang yang melakukan motivasi seseorang.


4. Cermatilah teks berikut.

Kepergian sang Proklamator sekaligus Bapak Bangsa Indonesia ke pangkuan Yang Mahakuasa menyisakan luka yang dalam bagi rakyat Indonesia pada waktu itu. Jenazah Bung Karno, kumudian dibawa ke Wisma Yaso, Jakarta. Setelah itu, jenazahnya kemudian dibawa ke Blitar, Jawa Timur untuk dikebumikan dekat dengan makam ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Gelar "Pahlawan Proklamasi" diberikan oleh pemerintahan karena jasa-jasanya kepada rakyat Indonesia.

Makna kata yang dicetak miring pada teks tersebut adalah ....
a. kesedihan
b. kesakitan
c. kehabisan
d. kekurangan

Jawaban: A

Pembahasan: Konteks dari makna kata menyisakan luka harus diamati dalam teks yang disertainya. Karena teks di atas menceritakan berita duka, maka makna kata yang sesuai adalah kesedihan.


5. Cermatilah teks berikut.

Adam Malik dilahirkan di Pematang Siantar, 11 Juni 1917. Ia adalah seorang wartawan dan diplomat yang berperan penting dalam proses kemederkaan dan pemerintahan. Ia kerap mewakili indonesia dia ajang internasional. Putra Batak bermarga Batubara ini dijuluki "si kancil" karena postur tubuhnya yang kecil. Sejak kecil, ia gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi.

Makna kata yang digarisbawahi pada teks tersebut adalah ....
a. sering
b. jarang
c. utusan
d. selalu

Jawaban: A

Pembahasan: Kata kerap mempunyai arti berkali-kali; berulang kali; sering


6. Cermatilah teks berikut.

Pak Hamid adalah seorang PNS berusia 57 tahun. Di kantornya, ia menduduki salah satu jabatan penting. Namun, dengan usia tersebut ia sadar bahwa sudah saatnya ia harus turun. Hal itu disampaikan kepada keluarganya saat makan malam bersama.

Makna kata turun pada teks tersebut adalah ....
a. mengundurkan diri
b. menuju ke bawah
c. diberhentikan
d. pensiun

Jawaban: D

Pembahasan: Semua jawaban merupakan makna kata turun, akan tetapi kita lihat konteks dari teks yang disertainya. Diceritakan bahwa Pak Hamid ingin turun dari jabatan pekerjaannya saat ini, maka kata pensiun lebih cocok karena turunnya Pak Hamid berkaitan dengan pekerjaan dan usianya. 



Tags: 

Pengertian makna kata adalah. Pengertian makna kalimat adalah. Jelaskan apa yang dimaksud makna kata kalimat. Contoh soal makna kata makna kalimat pada teks dengan jawaban dan pembahasan.  Latihan soal dan jawaban tentang makna kata / kalimat pada teks. Latihan soal makna kata dan kalimat pada teks beserta jawabannya. Latihan soal makna kata beserta pembahasannya. Latihan soal makna kalimat beserta pembahasannya. Kumpulan soal makna kata dan makna kalimat beserta jawabannya lengkap. Bank soal tentang makna kata dan makna kalimat. Soal UN makna kata beserta jawaban dan pembahasannya. Soal UN bahasa indonesia tentang makna kata dan makna kalimat. Soal HOTS makna kata dan makna kalimat bahasa Indonesia beserta pembahasannya.


Thanks for these books ya

[Click Here] ðŸ‘€ðŸ‘€ðŸ‘€ references

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

//kliklove