iklan banner

Minggu, 04 Juli 2021

Mengidentifikasi Isi Teks Biografi (Bahasa Indonesia)

| Minggu, 04 Juli 2021
Mengidentifikasi Isi Teks Biografi (Bahasa Indonesia)

Mengidentifikasi Isi Teks Biografi. Pengertian biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (nonfiksi/kisah nyata). Menurut KBBI,, biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau meninggal dan data-data pekerjaan seseorang, tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi. 

Ada dua hal yang dapat dikembangkan menjadi soal dalam teks biografi, yaitu keistimewaan dan keteladanan. Keistimewaan merupakan hal-hal khusus yang dimiliki oleh tokoh dalam biografi tentang kehidupannya. Kekhususan ini tidak sama antara tokoh yang satu dengan tokoh yang lain. Adapun keteladanan merupakan sikap-sikap terpuji yang tergambar dalam biografi dan patut diteladani oleh pembaca.

Untuk memahami lebih dalam, perhatikan contoh biografi berikut ini.

Chairil Anwar lahir di Medan, Sumatra Utara, 26 Juli 1922 - meninggal di Jakarta, 28 April 1949 pada umur 26 tahun. Chairil Anwar dikenal sebagai "Si Binatang Jalang"(dari karyanya yang berjudul "Aku"). Beliau merupakan penyair terkemuka Indonesia. Beliau adalah tipe pemuda yang gemar belajar dan membaca. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor angkatan '45 dan puisi modern Indonesia.

Dari contoh tersebut, kita dapat mengambil keistimewaan dan keteladanan tokoh.

#Keisitimewaan: Chairil Anwar dinobatkan sebagai pelopor angkatan '45 dan puisi modern Indonesia.

#Keteladanan: Chairil Anwar adalah tipe pemuda yang gemar belajar dan membaca.


Latihan Soal Mengidentifikasi Isi Teks Biografi beserta Jawaban dan Pembahasannya

1. Bacalah teks biografi berikut.

Mario Teguh lahir di Sidrap, Makassar 65 tahun yang lalu. Tepatnya pada 5 Maret 1956 dari pasangan Gozali Teguh dan Siti Maria. Memiliki nama lengkap Sis Maryono Teguh. Beliau menyelesaikan pendidikan setingkat SMA di New Trier West High, Chicago, Amerika Serikat, jurusan arsitektur pada tahun 1975. Beliau memang ahli dalam komunikasi. Keahlian itu lebih terasah di IKIP Malang ketika menekuni jurusan linguistik dan pendidikan bahasa inggris. Karena ketekunannya selepas dari IKIP, jalur pendidikan Mario Teguh berlanjut ke negeri matahari terbit kala ia mengambil jurusan Bisnis Internasional di Sophia University, Tokyo, Jepang dan melanjutkan studinya dan meraih gelar MBA di Indiana University, Amerika Serikat, jurusan Operations Systems pada tahun 1983.

Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adalah ....
A. menyelesaikan pendidikan setingkat SMA di New Trier West High
B. Mario Teguh berlanjut ke negeri matahari terbit
C. melanjutkan studinya dan meraih gelar MBA
D. ahli dalam komunikasi

Jawaban: D

Pembahasan: 
Keistimewaan tokoh sesuai teks adalah ahli dalam komunikasi. Keistimewaan adalah sesuatu yang tidak dimiliki atau dilakukan oleh kebanyakan orang. Dapat diartikan sebagai ciri khas yang dimiliki beliau.

2. Sifat yang baik untuk diteladani sesuai dengan tokoh tersebut adalah ....

A. sabar
B. tekun
C. pandai
D. sikap tawakal dalam hidup, bekerja keras serta terampil

Jawaban: B

Pembahasan: 
Hal ini dapat dilihat pada kalimat 5 teks biografi tersebut.


Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6.

Chairul Tanjung lahir pada 16 Juni 1962 di Jakarta. Ia adalah anak seorang wartawan zaman orde lama, A.G. Tanjung. Kehidupan Chairul dan keenam saudaranya terbilang berkecukupan. Sang ayah pernah menerbitkan lima surat kabar beroplah kecil yang sayangnya dipaksa tutup karena berseberangan pemikiran politik dengan penguasa.

Setamat SMA, Chairul melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia pada tahun 1981. Karena masalah biaya, Chairul yang memiliki otak bisnis pun memulai bisnisnya. Buku kuliah stensilan dam kaos dipilih menjadi usaha pertamanya. Setelah itu, ia melanjutkan bisnisnya dengan membuka toko peralatan kedokteran gigi di daerah Pasar Senen, Jakarta Pusat. Namun sayang, bisnis ini memiliki kebangkrutan.

Sosok Chairul dikenal ulet, gigih dan tak mudah putus asa. Walau bisnisnya jatuh bangun, berkat kegigihannya, ia mengukuhkan namanya pada urutan ke-937 dari 1000 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan total kekayaan senilai US$1 miliar. Ia pun dari daftar 10 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2009 versi majalah Forbes.

3.  Sifat positif yang dapat diteladani dari tokoh Chairul Tanjung tersebut adalah ....
A. merasa rendah diri dan ulet
B. ulet, gigih, dan tidak mudah putus asa
C. berjualan buku kuliah
D. membiayai kuliah sendiri

Jawaban: B

Pembahasan:
Sifat positif dari Chairul Tanjung dapat dilihat pada paragraf ke-3 kalimat yang pertama, yang mana diceritakan bahwa "Sosok Chairul dikenal ulet, gigih, dan tak mudah putus asa"  

4. Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. kuliah dengan biaya sendiri
B. wartawan majalah Forbes
C. kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi UI
D. urutan ke-13 orang terkaya di Indonesia

Jawaban: D

Pembahasan:  Ingat bahwa keistimewaan dapat diartikan ciri khas yang dimiliki diri sendiri, atau tidak banyak orang yang memilikinya (sangat jarang). Dari keempat opsi tersebut, menjadi urutan ke-13 orang terkaya di Indonesia merupakan keistimewaan yang dimiliki Chairul Tanjung yang tidak dimiliki orang lain pada waktu sama.



Tags:

Bagaimana caranya mengidentifikasi isi teks biografi. Pengertian biografi menurut kbbi adalah. Jelaskan apa yang dimaksud biografi. Bagaimana caranya menentukan keistimewaan tokoh pada teks biografi. Cara mengidentifikasi keteladanan dan keistimewaan pada teks biografi. Contoh soal mengidentifikasi isi teks biografi. Soal dan Jawaban mengidentifikasi isi teks biografi. Kumpulan soal mengidentifikasi isi teks biografi beserta jawaban dan pembahasannya. Soal tentang keistimewaan dan keteladanan tokoh teks biografi beserta jawaban dan pembahasannya.


Thanks for these books ya

[Click Here] ðŸ‘€ðŸ‘€ðŸ‘€ references

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

//kliklove