iklan banner

Jumat, 28 Mei 2021

[KUNCI JAWABAN] Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya

| Jumat, 28 Mei 2021

Kunci Jawaban Soal Soal BAB 1 Objek IPA dan Pengamatannya. Selamat datang di Muheren.com ^.^ nah guys, kali ini kita akan membahas pertanyaan-pertanyaan terkait BAB 1 Objek dan Pengamatan IPA, yang kalian tempuh pada kelas 7 SMP di semester awal. Sebenarnya pertanyaan ini mengandung jawaban dan opini kalian sendiri, akan tetapi mungkin ada yang masih bingung jadi mari kita bahas bersama-sama yaa 👿👷😏Baik langsung saja ya,, semangatt!!


> Ayo Kita Lakukan {1}

Kalau di saya ada di halaman 8 guys Buku IPA Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi

"Mengamati Temanmu"

1. Buat kesepakatan dengan temanmu, siapa yang diamati lebih dulu!

Jawab: Semisal mengamati temanmu : Adi

2. Lakukan pengamatan terhadap temanmu! Amati sebanyak mungkin ciri-ciri temanmu yang bisa diamati!

Jawab: Ciri-ciri yang didapat setelah pengamatan adalah warna kulit coklat dan agak kasar, rambut hitam ikal, warna pupil mata hitam, ada detak yang kontinyu, dan lain-lain. 

(Nah disini kalian sebutkan hal-hal yang dapat dilihat oleh mata, jangan sebutkan karakter/sifat seseorang karena hal tersebut bersifat relatif di dalam sebuah pengamatan)

3. Tuliskan hasil pengamatan kamu. Ingat, hanya hasil pengamatan, bukan tafsiran terhadap pengamatan!

Jawab: Tulis hasil pengamatanmu di buku. 

(Tafsiran yang dimasud hal-hal bersifat relatif, seperti karakter seseorang, misalnya: Adi pemarah namun hatinya lembut. Nah ini jangan dimasukin hasil pengamatan ya) 

"Menalar dan Mengomunikasikan"

Untuk satu orang yang diamati, bandingkan hasil pengamatanmu dengan hasil pengamatan teman kamu. Adakah yang berbeda? Mengapa hasilnya demikian? Apakah yang memengaruhi hasil pengamatan tersebut? Diskusikan dengan teman-temanmu.

Pada bagian ini, kalian bandingkan hasil pengatanmu dengan temanmu, apakah berbeda ? Apabila ada perbedaan, hal ini tentunya dikarenakan pendapat manusia itu berbeda-beda. Semisal rambut Adi  panjangnya 5 cm, nah Orang A mengatakan penilaian bahwa rambut Adi itu Panjang. Tapi Orang B mengatakan rambut Adi itu pendek. Hal ini disebabkan patokan seberapa panjang atau pendek nya rambut Adi menurut kedua orang itu berbeda. Jadi perbedaan pendapat dalam pengamatan itu normal apabila tidak ada patokan yang pasti. Adapun apa itu patokan yang pasti, contohnya dalam mengukur besaran menggunakan Satuan Internasional.


> Ayo Kita Lakukan {2}

Di saya berada pada halaman 9 guys Buku IPA Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi

"Kerja dalam IPA"

1. Potong kertas isap atau kertas tisu dengan ukuran 4 cmx12 cm!

2. Gambarkan atau beri garis dengan spidol (atau pena) hitam 2 cm dari ujung kertas saring tersebut!

3. Ambil beaker glass atau gelas bekas air mineral, isi dengan air setinggi 1 cm!

4. Buatlah prediksi: apa yang akan terjadi pada garis hitam tersebut, setelah kertas tisu dicelupkan beberapa saat ke dalam air?

5. Celupkan kertas tisu di air, dengan posisi garis berada sedikit di atas permukaan air! Amatilah perubahan yang terjadi pada kerta tisu dan garis hitam. Catat hasil pengamatanmu.

"Diskusikan"

Jika prediksimu berbeda dengan kenyataannya, apakah akan diubah sesuai hasil pengamatanmu? Mengapa? 

Jawab: 

Ada 2 Contoh hasil kerja peserta didik:

1). Contoh prediksi peserta didik: garis itu akan menjadi kabur karena terkena air yang bergerak naik pada tisu. Contoh hasil pengamatan peserta didik: setelah tisu dicelup, air mulai bergerak naik di dalam tisu. Air mengenai garis, 4 menit kemudian garis tampak kabur. Nah prediksimu benar jadi tidak perlu melakukan perubahan pada hasil laporan pengamatan.

2). Apabila prediksi tidak sesuai pengamatan, berarti prediksi tidak tepat. Oleh karena itu, hasil prediksi sebelumnya harus diubah menjadi hasil pengamatan yang telah dilakukan. Harus dilaporkan sebagaimana hasil pengamatan berlangsungnya. Karena laporan pengamatan harus berisi hal-hal yang teruji, dan pasti.


> Ayo Kita Lakukan {3}

Kalau di saya ada di halaman 12 guys Buku IPA Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi

1. Seorang ilmuwan sedang tekun di laboratorium. Dia menyelidiki suatu zat dengan tujuan ingin mengetahui zat apakah itu. Bidang apa yang ditekuni ilmuwan itu?

Jawab: Kimia

2. Lakukan pengamatan terhadap akar tanaman. Laporkan hasil pengamatanmu dalam bentuk tulisan.

Jawab: Hasil pengamatan bervariasi. Tulisan laporan hasil pengamatan seharusnya menunjukkan deskripsi kualitatif hasil pengamatan dengan mata (misalnya bentuk akar, warna, gambar akar yang diamati, dan sebagainya), pengamatan dengan indra pencium (bau akar). Lebih baik lagi, jika hasil pengamatan telah dilengkapi dengan deskripsi kuantitatif, misalnya panjang akar


> Berpikir kritis

Kalau di saya ada di halaman 13 guys Buku IPA Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi

Apakah “cinta”, “keadilan”, dan “kasih sayang” termasuk objek yang dipelajari dalam IPA? Jelaskan jawabanmu!

Jawab: Pengukuran merupakan objek yang dipelajari dalam IPA, karena bagian dari pengamatan. Pengukuran dapat dilakukan terhadap besaran benda-benda, tidak hanya benda mati (misalnya, massa kelinci, panjang telinga kelinci, suhu kelinci, dan lain-lain). Contoh bukan besaran IPA: cinta, keadilan, rasa sayang, dan lain-lain. Tidak termasuk ke dalam besaran IPA karena hal seperti cinta, keadilan, rasa sayang merupakan objek yang bersifat relatif tergantung perasaan seseorang, yang tidak memiliki tolak ukur yang pasti. Sedangkan IPA mempelajari ilmu yang pasti.


> Ayo Kita Lakukan {4}

Kalau di saya ada di halaman 13-14 guys Buku IPA Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi

"Menalar dan Mengomunikasikan"

Bandingkan hasil pengukuranmu dan hasil pengukuran temanmu! Catat persamaan dan perbedaannya! Jika hasil pengukurannya dikomunikasikan kepada orang lain, apakah orang tersebut memperoleh pemahaman yang sama? Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, hal penting apakah yang harus dirumuskan bersama? Diskusikan dalam kelompokmu.

Jawab: 
Ternyata hasilnya berbeda-beda, karena satuan yang digunakan berbeda. Walaupun sama-sama jengkal, tapi panjang jengkal Edo dan jengkal Ilmi berbeda. Dan begitu pula Suri, dia menggunakan media ukur yang berbeda tentu saja hasilnya juga akan berbeda dengan Edo dan Ilmi.


> Ayo Kita Amati {1}

Kalau di saya ada di halaman 16 guys Buku IPA Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi

Amati satuan baku yang ada dalam mistar. Tuliskan satuan baku yang ada di dalam mistar tersebut! Bandingkan kedua satuan panjang dalam mistar itu. 

Jawab: Dapat dilihat bahwa pada penggaris satuan baku yang dipakai disana adalah cm dan inch. Cm merupakan satuan baku standar internasional yang telah diakui (cms), sedangkan inch tidak termasuk ke dalam satuan internasional. Perbandingan antara kedua satuan ini adalah cm : inch = 1 : 2,54


> Bandingkanlah

Kalau di saya ada di halaman 17 guys Buku IPA Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi

"Besaran dan Satuan pada Mikroorganisme"
Bakteri memiliki panjang sampai dengan 10 µm. Virus memiliki panjang sampai dengan 100 nm. Berdasarkan data tersebut, manakah yang berukuran lebih panjang, bakteri atau virus? Jelaskan jawabanmu!  

Jawab: Untuk membandingkan mana yang lebih panjang, kita samakan terlebih dahulu kedua satuan panjang bakteri dan virus. Panjang bakteri adalah 10µm = 10 : 1000.000 = 0,00001 meter. Panjang virus 100nm = 100 : 1000.000.000 = 0,0000001 meter. Setelah satuannya sama, maka bisa dibandingkan. Dapat dilihat bahwa panjang bakteri lebih panjang daripada panjang virus.


> Bandingkanlah

Kalau di saya ada di halaman 18 guys Buku IPA Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi

"Jadikan Satuan Astronomi"
Jarak Bumi sampai dengan Pluto adalah 5.900 juta km. Berapakah jarak tersebut dalam satuan astronomi?

Jawab: 5.900 x 1.000.000 km = .... SA  ; Dimana untuk menjadikan SA dari km, kita perlu membagi dengan 150 juta. Jadi dapat diketahui 5.900 x 1.000.000 : 150.000.000 =  39,33 SA



Lanjutkan Membaca

Klik "Lanjutkan Membaca" untuk melihat kunci jawaban untuk halaman berikutnya ada di atas ^.^ Terimakasih

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar